• gambar jenis-jenis masker

Jenis-jenis Masker Yang Harus Diketahui

posted in: Info | 0

Jenis-jenis Masker yang populer. Penggunaan masker merupakan salah satu anjuran utama World Health Organization (WHO) dalam rangka menghadapi pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih mengalami kenaikan angka penderita. Ada jenis-jenis masker yang biasanya bisa digunakan untuk membantu menangkal persebaran pandemi ini.

Pada artikel ini akan dijelaskan secara rinci, agar anda bisa memilih jenis masker yang paling tepat untuk digunakan di berbagai situasi.

Jenis-jenis masker untuk pandemi

Karena pandemi ini diketahui menyebar melalui cairan yang berasal dari mulut maupun hidung si penderitanya, maka masker yang dianjurkan adalah yang bisa menangkal percikan air selama melakukan aktifitas sehari-hari.  Ada 5 jenis masker yang sampai saat ini disarankan penggunaannya selama masa covid 19. Berikut ini penjelasan detailnya.

  1. Jenis masker bedah

Jenis masker bedah merupakan yang paling umum digunakan, sebab gampang ditemukan, pemakaiannya gampang, unisex, dan bisa digunakan untuk segala rentang umur. Masker bedah inilah biasanya anda temukan di apotek atau mini market terdekat.

Masker ini umumnya terdiri dari tiga lapisan utama. Lapisan terluar berfungsi sebagai lapisan anti air, yang menahan cairan untuk masuk maupun keluar. Lapisan tengah berfungsi sebagai filter atau penyaring udara yang masuk, dan lapisan terdalam berfungsi sebagai penyerap cairan yang keluar dari hidung ataupun mulut, agar tidak tersebar ke udara dan mengenai orang atau benda lainnya. Sebagai catatan tambahan, penggunaan masker bedah ini lebih baik hanya sekali pakai saja.

  • Jenis masker N95

Jenis-jenis masker N95 terbilang masih agak asing di Indonesia, karena penggunaan masker ini memang bukanlah untuk keperluan sehari-hari, melainkan dikhususkan untuk penanganan penyakit. Karena itu tak mengherankan jika masker jenis N95 memiliki bentuk dan material berbeda dengan masker bedah.

Masker N95 cenderung bermaterial lebih keras, dengan fungsi menekan keluar masuknya udara maupun cairan dengan semaksimal mungkin. Oleh sebab itu jenis masker ini tak dianjurkan untuk anak-anak, maupun pemakaian sehari-hari dalam kondisi yang tidak mendesak. Sebab nantinya pengguna bisa merasakan sesak, gerah, dan sensasi tidak nyaman dalam beraktifitas.

  • Jenis masker N99

Masker khusus ini memiliki keunggulan untuk menyaring lapisan udara yang masuk dengan menyediakan 6 lapisan khusus dan dua katup. Namun penggunaannya memang tidak dianjurkan untuk keperluan sehari-hari, melainkan hanya untuk situasi genting saja.

Hal ini karena masker N99 sendiri masih susah diakses dan penggunaannyapun tidak nyaman, sebab susah disesuaikan dengan bentuk wajah. Dan pastinya akan membuat pernapasan menjadi sedikit lebih susah.

  • Jenis Masker Gas

Jenis masker selanjutnya mungkin pernah anda lihat di televisi, bentuknya agar besar dengan ciri menutupi seluruh bagian wajah. Seperti namanya, masker gas memang dirancang khusus untuk menyaring beberapa jenis partikel khusus, agar tak masuk ke dalam tubuh.

Dalam kondisi pandemi, jenis masker ini memang bisa menjadi salah satu pilihan, namun tak direkomendasikan. Masker gas biasanya digunakan untuk keperluan pekerjaan lapangan layaknya di hutan, ataupun untuk petugas kebakaran.

  • Jenis Masker kain

Jenis masker selanjutnya adalah yang paling lumrah ditemukan di masyarakat saat ini, yaitu masker berbahan kain. Masker kain memiliki beberapa kelebihan, yang pertama bisa dibuat sendiri tanpa harus membeli, yang kedua bisa diatur tingkat ketebalannya, yang ketiga bisa dicuci dan digunakan ulang, dan yang keempat justru memiliki nilai kustomisasi yang tinggi dibandingkan dengan masker lainnya.

Singkatnya, masker kain banyak dijadikan pilihan karena bisa menangkal virus, sekaligus disesuaikan dengan penampilan. Masker ini bisa menjadi rekomendasi terbaik bagi anda dan keluarga di masa COVID-19.

Penggunaan masker kain yang benar harus diperhatikan dari ketebalannya. Cara mengujinya yaitu dengan mencoba meniup lilin sembari menggunakan masker. Jika lilin tersebut masih mati, artinya masker tersebut masih belum cukup baik dalam menyaring udara yang keluar dan masuk.

Itulah 5 Jenis Masker yang populer yang bisa digunakan selama pandemi. Pilihlah masker yang sesuai dengan situasi dan kondisi anda sekeluarga setiap harinya, agar tetap nyaman dalam beraktifitas. Jika Anda perlu masker dengan aneka design gambar Anda juga mencarinya di Potidu. Potidu menyediakan aneka masker menarik yang dapat Anda pilih untuk digunakan sehari-hari.

Kaos Custom Case HP Custom Potidu

Tinggalkan Balasan